Kamis, 10 Desember 2009

Sepuluh Ribu Orang Lari, Suramadu Ditutup 3 Jam

Surabaya (beritajatim.com) - Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November, Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya menggelar event berskala Internasional pada Minggu (29/11/2009) mendatang. Event itu bernama Suramadu International Run 10 km dengan tema A Run For Unity.

Diperkirakan ada 10 ribu orang yang akan berlari menyusuri Jembatan Suramadu sepanjang 5,4 Km itu, bersama Menpora Andi Malarangeng, Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Jatim Saifullah Yusuf dan puluhan pelari elit internasional dari 6 negara (AS, Kenya, Maroko, Ethiopia, Thailand, Malaysia). Untuk itu, Suramadu bakal ditutup sekitar 3 jam.

"Saya mewakili gubernur mohon maaf kepada masyarakat yang biasanya melintasi Suramadu. Ini karena untuk event lari 10 km, Suramadu terpaksa ditutup selama 3 jam, sejak pukul 05.00-08.00. Saya sudah izin lisan kepada Ketua BPWS Edi Purwanto, nanti menyusul secara tertulis," kata Ketua Panitia Pelaksana Suramadu Internasional Run, Gus Ipul kepada wartawan di Surabaya Plasa Hotel, Kamis (5/11/2009).

Event dengan total hadiah Rp 500 juta ini akan diikuti 2.000 pelajar/mahasiswa, 1.000 orang anggota TNI AL, 1.000 TNI AD, 1.000 Polri dan ribuan masyarakat umum, hingga totalnya diperkirakan mencapai 10 ribu orang.

Gus Ipul mengatakan, kegiatan Suramadu International Run itu untuk menunjukkan kepada dunia, bahwa Jatim mempunyai jembatan yang tak kalah dengan jembatan di New York atau negara lain. Para turis asing diharapkan bisa melihat langsung di Surabaya, bahwa Jembatan Suramadu jangan dilihat dari media saja.

"Yang tak kalah pentingnya adalah event ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru di Madura. Pasalnya, ketika Suramadu dikenal dunia internasional, maka investor baru juga akan masuk," harapnya.

Bagi masyarakat yang ingin turut serta dalam Suramadu International Run, bisa daftar langsung ke Kantor Dispora Jatim Jalan Kayun Surabaya mulai hari ini hingga penutupan pada Sabtu (28/11/2009). Dalam event ini ada empat kelompok, yakni kelompok elit internasional putra/putri, elit nasional putra/putri, kelompok umum putra/putri dan kelompok pelajar putra/putri. 100 finisher pertama akan mendapat medali dan souvenir. Uang pendaftaran Rp 20-25 ribu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar